Materi Dasar Tentang MYSQL


Materi Dasar Tentang MYSQL|Rumah-Pemrograman.blogspot.com: Selamat siang sahabat rumah-pemrograman, masih sanggupkah untuk beraktivitas hari ini? admin masih semangat nih guys untuk berbagi pengetahuan dengan kalian. hari ini temanya beda, tapi tetap dalam ranah pemrograman, materi yang akan admin bahas hari ini adalah tentang Matei Dasar MYSQL, seperti yang kita tahu bahwa MySQL merupakan cikal bakal dalam pembuatan sistem informasi baik itu berbasis Dekstop ataupun yang berbasis web. MySQL itu beda ya guys dengan Database. Database itu terdiri dari dua suku kata yaitu data dan base. kalo kita pilah pilah lagi pengertiannya, Data berasal dari bahasa yunani yaitu datum yang artinya adalah fakta, datum adalah bentuk tunggal sedangkan Data  adalah bentuk jamak, sedangkan base sendiri adalah tempat, jadi kalo kita gabung Database adalah tempat data atau markas data. secara lebih jelas Database merupakan kumpulan data yang saling terhubung dan diorganisir sedemikian rupa dengan tujuan untuk mempermudah dalam mengakses data tersebut. di dalam database terdapat kumpulan tabel yang berfungsi untuk menampung data sejenis, dalam sebuah tabel ada yang namanya field dan record, field merupakan item data, atribut data sedangkan record adalah baris data atau kumpulan dari beberapa field. Jadi bisa disimpulkan bahwa Database terdiri dari beberapa tabel yang saling berelasi. 

MySQL sendiri merupakan aplikasi RDBMS (Relational Data Base Management System) atau aplikasi untuk menyusun sebuah database, SQL Sendiri memiliki kepanjangan Structure Query Language atau bahasa query yang terstruktur, query adalah bahasa untuk mengakses data dalam database. SQL memiliki 3 jenis bagian:
  1. DDL (Data Definition Language): bahasa untuk mendefinisikan data / objek database seperti: perintah untuk membuat database, mengubah struktur data, dll.
  2. DML (Data Manipulation Language) : bahasa untuk memanipulasi data seperti: menampilkan data, memasukkan data pada tabel, merubah data pada tabel dan menghapus data pada tabel.
  3. DCL ( Data Control Language): bahasa untuk mengontrol data, hal ini berhubungan dengan hak akses data dalam database.
Dalam MySQL terdapat banyak tipe data, akan tetapi hanya beberapa yang perlu kalian pahami dan itu sudah cukup dalam membangun suatu tabel nantinya. tipe data tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Character (Char) : merupakan tipe data berupa huruf atau alfanumeric yang bersifat tetap, biasanya char digunakan untuk field yang memilik digit tetap seperti Nim, KodeBarang, NIP dsb.
  2. Variabel Character (Varchar) : tipe data ini sama seperti char yaitu untuk data berupa huruf atau alfanumeric bedanya Variabel Character biasanya digunakan untuk data yang cenderung berubah-ubah ukurannya seperti alamat, nama, kota dsb.
  3. Integer (Int): merupakan tipe data berupa angka yang nantinya akan diproses dengan perhitungan matematika (penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian) seperti Harga, Nilai, Jumlah dsb.
  4. Double (double) merupakan tipe data berupa pecahan desimal, jadi jika kalian ingin menampung data berupa pecahan maka gunakanlah double.
  5. Enumerasi (Enum): merupakan tipe data yang digunakan untuk data pilihan yang bersifat tetap, seperti Agama, Hari, Bulan, Jenis Kelamin dsb.
  6. Date: merupakan tipe data untuk menampung data berupa tanggal seperti tanggallahir, tglkerja dsb.
  7. Text: tipe data berupa huruf atau alfanumeric yang memerlukan space yang besar untuk penyimpanannya, biasanya text ini digunakan untuk menyimpan artikel,dsb.
Begitulah Tentang MySQL yang bisa admin sajikan hari ini. MySQL itu sangat luas dan admin akan memposting materi berikutnya. semoga artikel ini bermanfaat. salam pintar guys.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel