Cara Mudah Membuat Form Login di Access 2007

Cara Mudah Membuat Form Login di Access 2007

Cara Mudah Membuat Form Login di Access 2007|rajacoding.com: Selamat sore sahabat rajacoding yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini? sambil menemani ngabuburit anda tidak ada salahnya kita belajar dan menambah pengetahuan baru tentang dunia pemrograman, sebenarnya admin juga masih newbie kok dan admin ingin terus belajar bersama kalian. pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi tentang Microsoft Access 2007, materi yang akan kita bahas adalah pembuatan form login dengan access, seperti yang kita ketahui bahwa access ini merupakan aplikasi pengelola database yang berasal dari Ms.Office, Access juga merupakan RDBMS (Relation Database Management System), atau pengelola database yang bersifat relasional, artinya setiap komponen yang ada didalamnya memiliki keterkaitan satu sama lain. Access bisa dibilang aplikasi database yang sangat mudah saking mudahnya kadang kita bingung cara membuat program lewat aplikasi ini, dulu admin juga sempat mengalami kebingungan tentang alur pembuatan program di access, akhirnya admin terus belajar dan sedikit demi sedikit sudah menemui titik terang dan sekarang sangat tertarik untuk mengembangkan pengetahuan di access ini.

Membuat Form Login Access 2007: dalam setiap aplikasi pastinya membutuhkan yang namanya login form, fungsinya untuk menjaga keamanan aplikasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, atau pihak luar yang ingin merusak sistem kita. pembuatan form di access tidak lepas dari yang namanya VBA (Visual Basic Application) karena dengan inilah kita bisa melakukan pengembangan-pengembangan terhadap access itu sendiri, VBA Access hampir sama dengan Visual Basic, struktur bahasanyapun sama hanya ada sebagian saja yang berbeda. disini admin membuat form login ini dengan menggunakan bahasa VBA dan admin membuatnya sesimpel mungkin agar mudah dipahami, biar tidak panjang lebar langsung saja yuk kita praktekkan bersama, jika ada salah mohon masukannya ya guys.

1. Pertama kita buka dulu guys aplikasi Ms. Accessnya, sudah pada taukan? kalo sudah terbuka kita buat tabel dengan struktur seperti berikut: (Jangan lupa agar password tidak terlihat, maka settinglah input mask pada properties menjadi Password.)
Cara Mudah Membuat Form Login di Access 2007

2. Langkah kedua kita mendesign form, berikut design form login yang admin buat. (Agar password tidak terlihat pada saat anda mengetikkan pada txtpassword maka ubahlah input mask pada properties.
Cara Mudah Membuat Form Login di Access 2007

3. Langkah berikutnya iyalah membuat listing code pada tombol login, dengan cara klik terlebih dahulu tombol login kemudian pilih tab event pada properties. cari on click, jangan lupa diganti ke event procedure terlebih dahulu. kemudian klik browse. seperti yang terlihat pada gambar berikut:
Cara Mudah Membuat Form Login di Access 2007

Kemudian ketikkan listing Code berikut:
Private Sub CmdLogin_Click()
Dim db As Database
Dim rs As Recordset
Set db = CurrentDb

If IsNull(Me.TxtUserId) Then
    Beep
    MsgBox "Mohon diiisi dulu usernamenya", 64, "Information"
    Me.TxtUserId.SetFocus
Else
    If IsNull(Me.TxtPassword) Then
        Beep
        MsgBox "Password mohon diisi", 64, "Information"
        Me.TxtUserId.SetFocus
    Else
        Set rs = db.OpenRecordset("Select * from Tbuser where UserId='" & Me.TxtUserId.Value & "' and Password='" & Me.TxtPassword.Value & "'")
        If rs.RecordCount = 0 Then
            MsgBox "Anda tidak berhak masuk ke aplikasi ini", vbCritical, "Peringatan"
        Else
            MsgBox "Selamat anda berhasil Login", 64, "Information"
            DoCmd.OpenForm "FrmPeminjaman", acNormal 'Jika berhasil akan menampilkan form lain
            DoCmd.Close acForm, "FrmLogin"
        End If
    End If
End If
End Sub

Ketikkan Listing code berikut pada tombol batal (lakukan hal yang sama seperti tombol login untuk meletakkan perintahnya)
Private Sub CmdBatal_Click()
DoCmd.Close acForm, "FrmLogin", acSaveYes
End Sub
Bagaimana guys? sangat mudah bukan membuat aplikasi login dengan Access 2007, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian khususnya untuk admin yang masih dalam tahap belajar, tunggu postingan admin berikutnya ya guys. thanks for visiting here. salam pintar selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel