Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ahass Terbaik dengan Metode SAW

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ahass Terbaik dengan Metode SAW

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ahass Terbaik dengan Metode SAW|RajaCoding.com: Selamat pagi sahabat rajacoding yang berbahagia. bagaimana kabar anda hari ini? bagaimana puasa anda hari ini? masih lancar kan? seiring berjalannya waktu rumah-pemrograman telah bertransformasi menjadi rajacoding.com dengan tujuan untuk mempermudah pembaca dalam mengakses web ini. di pagi hari menjelang subuh, selepas saur admin ingin berbagi informasi seputar visual basic, tapi kali ini bahasannya beda guys. kita mengarah pada skripsi atau pembuatan laporan Tugas Akhir dari Fakultas Teknik jurusan teknik informatika, sebenarnya ini adalah proyek yang admin terima dalam pembuatan skripsi kakak kelas di tahun lalu, admin mencoba mempelajari metodenya yang belum pernah admin pelajari sebelumnya. setiap hari admin harus browsing diinternet untuk mempelajari metode-metode pengambilan keputusan, mulai dari mempelajari proses pengolahan datanya, proses perhitungan sampai dengan menghasilkan suatu keputusan. dalam hal ini studi kasusnya adalah pemilihan Bengkel Ahass terbaik dijember dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighted)

Sistem Pendukung Keputusan: Decission making merupakan suatu metode yang bertujuan untuk membantu seseorang dalam mengambil keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ada sebelumnya. contoh pengambilan keputusan dalam menentukan Rakyat miskin, penentuan produk terlaris disuatu perusahaan dan karyawan terbaik disuatu perusahaan. jika tanpa menggunakan metode yang jelas pengambilan keputusan bisa jadi kurang objective dan tidak tepat sasaran oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. dalam kasus ini proses pemilihan Bengkel Ahass terbaik menggunakan metode SAW atau Simple Additive Weighting yang merupakan suatu metode pengambilan keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang menjadi pendukung dalam pengambilan suatu keputusan tersebut. dari kriteria-kriteria yang ada akan diberi bobot setelah itu diproses untuk menghasilkan nilai akhir berupa perangkingan sehingga akan menghasilkan alternative yang optimal untuk dijadikan sebagai hasil akhir. 

SAW (Simple Additive Weighting): dalam hal ini metode pengambilan keputusan akan diambil berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh Ahass sebelumnya. SAW akan dihitung manual terlebih dahulu kemudian akan dibuatkan sistem komputerisasi untuk mempermudah user dalam menyelesaikan pekerjaannya. dalam hal ini pekerjaan yang dimaksud adalah pengambilan keputusan. pembuatan aplikasi disini yaitu menggunakan Visual Basic 6.0 dan MySql sebagai databasenya. adapun kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan adalah sebagai berikut: Place, Price, People, Promo, Product, Customer, Process, Other & support dan Result & report. dari 9 kriteria tersebut akan diberikan bobot  sesuai dengan bilangan fuzzy segitiga. Tugas akhir ini merupakan Skripsi Teknik Informartika yang sangat sederhana dan mudah untuk dipahami. berikut desain database dan interface dari pembuatan aplikasi pendukung keputusan ini.

  • Desain Form Input Alternatif: berfungsi sebagai fasilitas untuk memasukkan data alternatif yang nantinya akan menjadi kandidat dalam pemilihan bengkel ahass terbaik.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ahass Terbaik dengan Metode SAW

  • Desain Form input kriteria: berfungsi untuk memasukkan nilai kriteria pada masing-masing alternatif yang nantinya akan dioleh lebih lanjut untuk menghasilkan suatu keputusan.


  • Proses seleksi: berfungsi untuk melakukan perhitungan dimana nilai yang dihitung adalah nilai kriteria yang sudah diberikan pada masing-masing alternatif. dalam hal ini nilai akan dihitung berdasarkan metode SAW.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ahass Terbaik dengan Metode SAW


  • Setelah proses ini selesai, maka akan menghasilkan output berupa perangkingan dari nilai terbesar sampai yang terkecil, nilai terbesar berarti alternatif optimal yang layak untuk dijadikan sebagai ahass terbaik. berikut outputnya.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ahass Terbaik dengan Metode SAW
Bagaimana para smester horor? sangat simpel apabila kalian ingin menjadikan ini sebagai referensi dalam penyusunan tugas akhir khususnya Jurusan Teknik informatika, metode ini sangat simpel sehingga lebih mudah untuk dijadikan sebagai bahan penyusunan tugas akhir. semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu postingan admin berikutnya. bagi yang ingin filenya bisa langsung subscribe blog ini. salam pintar selalu :D




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel